“Penyuluhan dan Pelatihan Frozen Food Nugget Ikan Laut”

“Penyuluhan dan Pelatihan Frozen Food Nugget Ikan Laut”

            Wilayah laut Indonesia merupakan salah  satu  wilayah  perairan  yang memiliki potensi pariwisata dan hasil laut yang melimpah. Hampir seluruh wilayah Indonesia terdapat wilayah perairan berupa lautan yang dapat menjadi daya tarik tersendiri dan sebagai pemasukan bagi daerah-daerah  yang dekat dengan perairan laut tersebut.  Desa Tambaan, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang , merupakan salah satu wilayah yang memiliki potensi hasil laut yang melimpah ruah. Hasil laut berupa ikan banyak ditemui di desa ini,akan tetapi selama ini pemanfaatan hasil laut berupa ikan masih sangat kurang,  masih banyak nelayan yang menjual ikan tersebut dalam bentuk ikan mentah sehingga nilai jual ikan laut masih dalam kategori rendah atau standar.  Dengan adanya  hal ini perlu adanya inovasi dalam pengolahan ikan, agar  menjadi produk  olahan ikan  laut yang lebih bernilai ekonomis.
            Melihat potensi  hasil laut berupa ikan di desa Tambaan, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang  yang sangat banyak, Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN)  di desa tersebut yakni kelompok 56 melakukan penyuluhan  pembuatan  produk olahan  ikan, yakni penyuluhan dan pembuatan  frozen food  berupa  nugget ikan. Penyuluhan  ini merupakan salah satu  program  utama dari kelompok KKN 56, dibawah naungan dari Penagggung Jawab (PJ) Pangan. Selama ini hasil tangkapan  ikan laut di desa ini tidak dioptimalkan secara maksimal dan tidak diolah menjadi produk olahan  ikan terlebih dahulu.  Tujuan dari pelaksanaan penyuluhan dan pembuatan  frozen food  berupa nugget ikan  ini adalah untuk  memberdayakan masyarakat desa Tambaan, khususnya ibu-ibu didesa Tambaan  agar dapat mengolah hasil laut (ikan) untuk menghasilkan produk olahan  ikan yang dapat bertahan lebih lama dan  tentunya  lebih bernilai ekonomis daripada dijual dalam keadaan  mentah. Dengan adanya penyuluhan dan pembuatan olahan frozen food berupa nugget ikan ini, diharapkan dapat menjadi pijakan dari masyarakat desa Tambaan untuk melakukan  usaha mandiri rumah tangga dengan  memberdayakan  ibu-ibu di desa Tambaan  yang notabene adalah ibu rumah  tangga. Dengan adanya pemberdayaan ini  dimungkinkan  adanya peningkatan perekonomian masyarakat desa Tambaan setempat.
            Pelaksaan kegiatan  penyuluhan ini dilakukan di  Madrasah Diniyah Nurul Huda yang terletak di  Dusun Gayam, Desa Tambaan, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang. Dalam kegiatan penyuluhan ini diikuti oleh kurang lebih 20 orang yang keseluruhannya merupakan  ibu-ibu  rumah tangga.  Penyampaian materi dalam  penyuluhan ini disampaikan secara langsung oleh perwakilan dari mahasiswa  Penanggung Jawab (PJ) Pangan.  Bukan hanya penyampaian  materi mengenai pembuatan nugget saja, pada kegiatan  ini juga dilakukan  praktek pembuatan  nugget secara langsung, sehingga peserta tidak hanya mendengarkan  materi saja akan tetapi dapat melakukan praktek  pembuatan nugget ikan secara langsung. Peserta sangat antusias ketika dilibatkan dalam  praktek pembuatan nugget ikan ini, terbukti dengan adanya beberapa peserta yang menyimak dengan seksama setiap tahapan pembuatan nugget ikan ini. Tidak hanya itu, antusias peserta juga terlihat pada saat sesi tanya jawab, mereka menanyakan  masalah mengenai ikan yang dapat diolah menjadi nugget, cara melumuri tepung panir ke adonan nugget yang telah jadi dan tips menyimpan  nugget dalam frezer yang benar.  Kegiatan  penyuluhan dan pembuatan nugget ikan ini diakhiri dengan mencicipi hasil olahan nugget yang telah dibuat secara bersama-sama.



            

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pemberian vaksin sebagai pencegahan penyakit difteri pada anak